Kebocoran Terbesar Dalam Sejarah Game PC

Kredit: pexels.com

Kebocoran dalam dunia game tidak terhindarkan, terkadang itu terjadi karena ulah hacker dan dataminer. Di sisi yang berbeda bisa disebabkan oleh karyawan atau pekerja yang nakal, dan kadang-kadang hal itu terjadi hanya karena kecerobohan yang sederhana contoh seperti ketika seseorang menekan tombol yang salah atau mengirim email ke orang yang salah. Bagaimun juga hal-hal tersebut sudah terjadi dan mengejutkannya sering terjadi.

Kebocoran dalam video game yang biasanya terjadi seperti screenshot, video, kode, atau bahkan versi yang sudah bisa dimainkan karena di rilis lebih cepat dari jadwal yang semestinya. Reaksi fans pun bermacam-macam, senang karena gamenya terlihat bagus, lebih ke hati-hati karena tidak mau terkena spoiler, atau bahkan kecewa karena gamenya ternyata tidak seperti yang diharapkan walaupun belum di rilis.

Bagi developer dan publisher, kebocoran tersebut merupakan hal yang serius, tidak hanya dari sudut pandang keamanan tetapi dari penilaian yang datang dari orang-orang yang melihat hasil pekerjaan mereka yang belum selesai. Kita bisa umpamakan seperti ketika kita sedang mengerjakan sebuah novel yang masih belum selesai dan ketika keesokan harinya kita terbangun dari tidur, kita mendapati orang-orang di internet atau sebut saja netizen sedang membaca dan mengomentari segala kekurangan dalam novel kita, ya kurang lebih seperti itulah rasanya.

Di bawah ini ada beberapa rangkuman kebocoran terbesar dan paling menonjol dalam sejarah game PC, dari game yang akan datang seperti GTA 6, Crysis 2, blockbuster seperti Mass Effect 3 hingga game lawas seperti Stalker: Shadow of Chernobyl tahun 2003.

Crysis 2

Kredit: gamerwk.com

Sebulan penuh sebelum tanggal rilisnya pada tahun 2011, game Crysis 2 yang sebenarnya hampir selesai termasuk mode multiplayer dan kunci otentikasi untuk bermain online, bocor ke sejumlah situs torrent. Meskipun banyak bug yang ditemukan dan sejumlah aset-aset dalam game yang belum selesai, namun tetap dapat dimainkan dari awal hingga akhir.

Sayangnya, Crysis 2 ternyata dinobatkan sebagai game yang paling banyak dibajak pada saat itu, dan meskipun diduga bahwa kebocoran itu berasal dari seorang karyawan Crytek atau EA, pelakunya tidak pernah diidentifikasi secara publik.

The Witcher 3

Kredit: gridgames.id

Yang paling diantisipasi seri ketiga dari CD Projekt Red yaitu seri The Witcher yang sangat dinanti-nantikan didahului dengan kebocoran informasi besar-besaran setelah konten Google Drive dari seorang karyawan dipublikasikan. Di antara file yang bocor tersebut terbentang rahasia tentang storyline, musuh, misi, dan bahkan soal bagaimana permainannya akan berakhir dengan ending yang berbeda-beda.

Grand Theft Auto 6

Kredit: Rockstar / Bloomberg / Getty Images

Pada bulan September, Rockstar Games mengalami "gangguan jaringan" yang menyebabkan sekitar 90 video dari rekaman GTA 6 yang sedang dalam pengembangan bocor ke internet. Rekaman yang bocor tersebut asli dan telah diverifikasi oleh Rockstar yang kemudian mengkonfirmasi beberapa rumor tentang game tersebut, seperti akan ada fitur yang menampilkan wanita protagonis pertama pada seri game tersebut yang bertempat di Vice City.

Rekaman tersebut sebagian besar terdiri dari klip-klip pendek dalam mode debug, meskipun beberapa memiliki durasi yang panjang, seperti terjadi perampokan di restoran dan obrolan dengan seorang ahli teori konspirasi. Sementara dalam keseluruhan ceritanya seperti detail karakter dan misi-misinya tidak dibocorkan, meskipun begitu apa yang terjadi sudah merepresentasikan kebocoran terbesar dari salah satu perusahaan game terbesar yang membuat salah satu game yang paling dinantikan yang pernah ada, dan cukup mengejutkannya seorang hacker dapat mengakses begitu banyak informasi di dalamnya.

Assassin Creed, Hampir Semua Seriesnya

Kredit: jagatplay.com

Ubisoft memiliki sejarah kebocoran game yang sangat panjang, terutama dalam seri Assassin Creed. Baru-baru ini, detail tentang beberapa game Assassin Creed yang masih akan datang bocor menjelang presentasi Ubisoft tahun 2022, termasuk Mirage, Infinity, dan game Assassin Creed Red yang berlatar di Jepang.

Kebocoran ini disebabkan oleh seorang YouTuber yang telah menandatangani NDA dengan Ubisoft yang entah sengaja atau tidak merilis detail game tersebut di akun twitter keduanya, dan tentu saja dia ketahuan.

Namun tentu ini bukan pertama kalinya game Assassin Creed yang dibocorkan sebelum waktunya. Awalnya dengan kode nama Assassin Creed: Victory, detail game yang akan diberi nama Assassin Creed: Syndicate bocor jauh sebelum dirilis. Beberapa aset dalam game juga ikut bocor seperti video gameplay dan game tersebut akan berlangsung di London Victoria.

Kebocoran yang terjadi bukanlah hal baru bagi Ubisoft, yang memiliki jaringan sangat luas di beberapa negara bahkan benua dan banyaknya karyawan mereka yang tampaknya hampir tidak mungkin bagi mereka untuk gulung tikar. Game seperti Watch Dogs 2, The Division, Far Cry Primal, dan series game Assassin Creed semuanya kebocoran informasi yang lebih cepat dari jadwal semestinya.

Mass Effect 3

Kredit: gamebrott.com

Setelah pengembangan awal dari Mass Effect 3 entah bagaimana bocor ke Xbox Live, dataminer mencoba masuk ke dalam kodenya dan mendapati salinan skrip yang belum selesai. Banyak orang yang kemudian melihatnya, dan secara natural banyak dari mereka mulai mengeluh tentang isi konten tersebut.

Namun tentu saja, masukan merupakan hal penting. Salah satu pendiri BioWare Ray Muzyka mengatakan mereka menganggap serius masukan dari para penggemar, bahkan jika penggemar mereka memberikan catatan soal naskah yang seharusnya tidak mereka lihat. Beberapa perubahan yang dilakukan pada skrip final ditulis ulang berdasarkan masukan yang mereka terima dari skrip yang sudah terlanjur bocor.

Doom 3

Kredit: store.epicgames.com

Pada akhir 2002, lebih dari setahun sebelum di rilis, demo Doom 3 yang ditampilkan pada E3 di tahun tersebut bocor ke internet, yang memungkinkan mereka yang mengunduhnya untuk memainkan intro gamenya dan beberapa level di awal permainan.

Menurut memo yang konon ditulis oleh John Carmack, sumber kebocoran tersebut berasal dari seorang karyawan di ATI, yang kemudian dipecat sebagai konsekuensinya. Namun, belum ada yang mengkonfirmasi hal tersebut, dan apakah kebocoran itu tidak disengaja atau disengaja tidak ada yang tahu.

Half-Life 2 dan Counter-Strike: Source

Kredit: instant-gaming.com

Awalnya direncanakan dirilis pada bulan September 2003, hingga harus menunggu 13 bulan kemudian setelah jaringan Valve diretas dan scource code, peta, model, dan build HL2 dan Counter-Strike: Source yang dapat dimainkan dicuri dan dibocorkan ke publik.

Pelakunya akhirnya ditangkap oleh pihak berwenang Jerman setelah Gabe Newell berpura-pura tertarik untuk mempekerjakan salah satu peretas untuk bekerja di Valve dan yang kemudian ia memperoleh informasi kontaknya. Persidangan tersebut menghasilkan hukuman percobaan dua tahun untuk salah satu peretas, dan Half-Life 2 tidak dirilis secara resmi hingga November 2004. 

Call of Duty: Modern Warfare 3

Kredit: store.steampowered.com

Pada bulan Mei tahun 2011, Kotaku menerima banyak informasi tentang Call of Duty: Modern Warfare 3 yang akan dirilis, kira-kira enam bulan sebelum dijadwalkan untuk di rilis dan bahkan sebelum diumumkan secara resmi. Info ini mencakup detail cerita, screenshot, dan detail tentang senjata, level, dan mode game, tampaknya dari berbagai sumber antara developer dan publishernya.

Sebagai tanggapan, developernya harus mempercepat rencana mereka dalam melakukan marketing, dan segera merilis beberapa trailer dari game tersebut.

StarCraft 2: Heart of the Swarm

Kredit: oceanofgames.live

Ekspansi StarCraft 2: Wings of Liberty dari Blizzard dirilis pada bulan Maret 2013, namun sebagian dari game tersebut bocor lebih cepat dari jadwal semestinya. Sebuah ending video dari permainan single player bocor sebelum dirilis. Meskipun itu hanya sebuah animasi yang tidak begitu bagus tanpa lip-sync dan terdapat beberapa storyboard, namun hal tersebut tetap merupakan spoiler yang besar dari sisi ceritanya.

Sementara Blizzard pun tidak akan mengkonfirmasi apakah kebocoran tersebut asli atau tidak, pengacara mereka dengan cepat mengeluarkan surat somasi dan surat untuk menghentikan situs-situs yang memposting video tersebut, dan hal tersebut merupakan indikasi yang cukup kuat bahwa kebocoran yang terjadi merupakan hal yang serius.

Dishonored 2

Kredit: instant-gaming.com

Bethesda saat sedang berlatih konferensi pers E3 pertamanya, ia melakukan siaran langsung di Twitch, percakapan antara member dari Arkane Studios (developer Dishonored) yang menyebutkan nama Harvey Smith (direktur Dishonored).

Setelah beberapa menit mengobrol, salah seorang akhirnya menyadari bahwa percakapan mereka akan tersebar di internet dan kemudian mematikan siaran livenya, namun nasi sudah menjadi bubur, beberapa ribu penggemar sudah mendengarkan mereka sepanjang waktu.

World of Warcraft: Cataclysm

Kredit: gamewatcher.com

Sebelum mengambil bagian dalam alpha testing, peserta sering diminta untuk setuju untuk tidak membagikan detail pengalaman mereka. Yang lebih sulit sebenarnya adalah memastikan mereka mematuhi perjanjian tersebut. Sebelum kemunculan ekspansi di BlizzCon, seorang alpha tester memposting informasi yang cukup besar tentang Cataclysm online, termasuk screenshoot dan video, detail tentang kelas-kelas dan ras karakter, ruang bawah tanah, dan beberapa fitur lainnya.

Informasi tersebut kemudian dihapus setelah Blizzard memerintahkan untuk menghapusnya, kemudian mengingatkan kembali kepada para pemain bahwa 'NDA' artinya perjanjian kerahasiaan dan mengikat secara hukum.

Sumber: pcgamer.com

0 Komentar

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>