Berikut ini 6 Situs Freelance Indonesia dan Luar Negeri Terbaik

Sumber: hostinger.co.id

Situs freelance - Tidak dapat dipungkiri, perkembangan teknologi dan informasi berkembang begitu pesat belakangan ini. Dengan perkembangan tersebut, menghadirkan banyak sekali inovasi baru dalam berbagai bidang. Hal tersebutlah yang menjadikan sekarang ini kita dapat menunjang berbagai aktivitas hanya melalui internet.

Terlepas dari itu pekerjaan yang dilakukan secara online dan tidak bergantung pada tempat kerja sering berkaitan dengan freelance. Secara pengertian, pekerja lepas atau kita mengenalnya dengan sebutan freelance merupakan suatu pekerjaan yang tidak terikat kontrak dalam jangka waktu yang panjang, tetapi masih memiliki ikatan kerja yang kuat.

Ada banyak sekali bidang pekerjaan yang tersedia dalam dunia freelance ini mulai dari desainer, programmer, editor, dan lainnya yang umumnya berkaitan dengan kebutuhan digital. Untuk menunjang aktivitas freelance, tentunya seorang freelancer membutuhkan layanan atau website yang menyediakan tempat agar mereka dapat mempromosikan jasa atau produk yang mereka tawarkan. Untuk itu, jika kamu masih kebingungan mengenai beberapa rekomendasi situs freelance, pastikan untuk mengikuti pembahasan berikut. 

Apa perbedaan freelance dan karyawan?

Seperti yang terdapat pada penjelasan sebelumnya, freelance memiliki perbedaan dengan karyawan. Perlu kamu ketahui, karyawan kantor, umumnya memiliki waktu 8 jam perhari untuk melakukan pekerjaannya. Sedangkan freelance dapat mengatur waktu kerjanya hingga batas deadline kerjaan sesuai kesepakatan yang telah disepakati. 

Apakah menjadi freelance menjanjikan?

Meskipun terdengar tidak menjanjikan, tetapi nyatanya seorang freelancer dapat menjadi suatu pekerjaan yang dapat menjamin. Biasanya freelance merupakan suatu pekerjaan yang menyenangkan bagi mereka yang ingin kebebasan dalam berekspresi. Dalam freelance ini keuntungan yang didapatkan berdasar kepada seberapa banyak mereka menerima orderan atau pesanan. 

Situs Freelance Indonesia dan Luar Negeri Terbaik

Tidak hanya situs luar negeri saja di Indonesia itu sendiri sekarang ini, sudah banyak situs atau website yang menyediakan layanan atau tempat bagi para freelancer untuk mendapatkan job sesuai dengan keahlian mereka. Adapun beberapa rekomendasi situs freelance Indonesia dan luar negeri terbaik yang dapat kamu coba seperti berikut ini:

1. Sribulancer

Mungkin beberapa dari kalian sudah tidak asing lagi dengan situs freelance yang satu ini. Perlu kamu ketahui, Sribulancer merupakan salah satu situs freelance indonesia yang memiliki banyak peminat. Sama halnya dengan situs freelance pada umumnya, pada Sribulancer ini kamu dapat menawarkan berbagai jasa seperti programer, editor, writer, dan lain sebagainya.

Untuk mendaftar menjadi seorang freelancer pada situs ini caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengunjungi sribulancer.com. Setelah itu, lakukan registrasi dan pilih opsi bergabung menjadi freelancer atau employer. Jika sudah, kamu hanya perlu melengkapi informasi pribadi hingga portofolio untuk selanjutnya menawarkan jasa freelance yang kamu kuasai.

2. Projects.co.id

Tak kalah menarik dari sebelumnya, projects co id juga merupakan salah satu situs freelance yang paling banyak diminati. Di dalamnya, kamu bisa menemukan freelance atau menjadi seorang freelancer. Namun, perlu kamu ketahui dalam jasa freelance yang kamu tawarkan memiliki batas minimal harga yang sudah ditentukan yaitu Rp.50.000. Jadi, kamu tidak dapat memposting jasa freelance yang harganya lebih rendah dari batas minimum tersebut.

Meskipun tampilan dari situs ini cukup membuat bingung para pemula karena cenderung tidak beraturan dan perlu waktu untuk memahaminya. Tetapi menariknya, situs freelance yang satu ini memiliki aplikasi mobile. Dengan begitu, jika para freelancer atau employer membuka projects co id melalui ponsel ada baiknya menggunakan aplikasi agar lebih stabil.

3. Fastwork

Selain beberapa pilihan situs sebelumnya, kamu juga dapat menggunakan fastwork untuk menunjang aktivitas freelance yang kamu tawarkan. Pasalnya, dalam fastwork ini lebih sederhana dengan tampilan ui yang sangat menarik. Untuk menjadi seorang freelancer, kamu perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Setelah itu, kamu juga akan diminta data-data informasi seperti verifikasi ktp hingga rekening bank.

4. Upwork

Jika beberapa situs freelance tadi hanya mencakup pasar lokal, beda hanya dengan situs freelance yang satu ini. upwork itu sendiri merupakan freelance service atau marketplace alias pasar digital tempat bertemunya client dan freelancer dari seluruh dunia. Bagi kamu yang ingin memiliki jangkauan pasar yang luas, mungkin situs yang satu ini dapat kamu coba.

Namun, perlu diperhatikan baik itu dalam segi pembayaran hingga komunikasi pastinya situs yang satu ini berbeda dengan beberapa situs freelance Indonesia. Jadi, kamu perlu memiliki pembayaran internasional dan menguasai bahasa Inggris. Pasalnya, umumnya komunikasi dengan client dilakukan dengan bahasa Inggris. Jadi, wajib bagi seorang freelancer menguasai bahasa tersebut untuk dapat berkomunikasi dengan baik.

5. Fiverr

Mungkin beberapa dari kalian sudah tidak asing lagi dengan freelance service yang satu ini. Ya, fiverr memang merupakan tempat bagi para freelancer dan employer bekerja sama. Menariknya, freelance service yang satu ini juga menyediakan berbagai kategori pekerjaan yang sangat lengkap jika kita bandingkan dengan beberapa situs lainnya.

Namun, tentunya bagi kamu yang masih baru memulai atau baru menawarkan service pada situs yang satu ini, maka akan sulit mendapatkan client. Pasalnya, dalam halaman pertama pencarian mengenai suatu service, dapat dipastikan bahwa yang muncul pada posisi pertama merupakan service yang sudah memiliki banyak penjualan dan ulasan positif.

Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan juga jika kamu langsung mendapatkan client. Jadi, kamu dapat mempromosikannya melalui berbagai forum atau menawarkannya kepada klien yang membutuhkan.

6. Toptal

Meskipun situs yang satu ini tidak cukup familiar jika kita bandingkan dengan beberapa situs lainnya, tetapi toptal dapat menjadi pilihan terbaik yang dapat kamu coba. Sama halnya dengan upwork, toptal merupakan freelance service lepas. Namun, perbedaannya dengan upwork yaitu toptal memberikan freelanceer yang terbaik dari yang paling baik di seluruh dunia.

Mengenai bidang yang dapat kamu tawarkan cukup beragam, kurang lebih hampir sama dengan situs freelance pada umumnya. Selain itu, menariknya situs yang satu ini juga memiliki tampilan ui yang menarik dan cukup simpel. Dengan begitu, baik itu para freelancer yang baru terjun hingga pemula tidak akan kebingungan.

0 Komentar

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>