iPhone 14 Menelepon 911 Terus Menerus Saat di Rollercoaster

Kredit: 9to5mac.com

Fitur baru dari iPhone 14 untuk mendeteksi kecelakaan yang seharusnya memperingatkan pihak berwenang ketika mendeteksi penggunanya mengalami kecelakaan mobil ternyata memiliki efek samping yang tidak terduga, smartphone tersebut menelepon 911 pada saat penggunanya berada di rollercoaster. Menurut sebuah laporan dari The Wall Street Journal, fitur tersebut telah membuat penegak hukum dikirim ke taman hiburan beberapa kali saat fitur tersebut mendeteksi tikungan, belokan, dan pengereman pada wahana rollercoaster dan mengira sedang terjadi keadaan darurat.

Apple meluncurkan Crash Detection pada iPhone 14, Watch Series 8, SE, dan Ultra bulan lalu, melengkapi perangkat dengan sensor giroskopik dan akselerometer tinggi yang dilatih terhadap dampak yang dialami dengan simulasi kecelakaan mobil. Jika sensor mendeteksi bahwa penggunanya mengalami kecelakaan, iPhone akan menampilkan peringatan dan menghubungi layanan darurat jika penggunanya tidak menutupnya dalam waktu 20 detik.

Saat memanggil penegak hukum, smartphone tersebut akan memutar pesan audio yang memberi tahu pihak berwenang bahwa penggunanya mengalami crash (kecelakaan), dan juga mengirimkan lokasi penggunanya. Sementara Apple Watch dengan deteksi kecelakaannya hanya dapat memberi tahu pihak berwenang jika penggunanya membawa iPhone, atau jika terhubung ke jaringan seluler atau Wi-Fi.

Nah, itulah yang dilakukan oleh beberapa perangkat Apple, namun kenyataannya terjadi pada waktu yang salah. Dalam sebuah tweet, reporter WSJ Joanna Stern membagikan contoh salah satu panggilan 911 yang dilakukan saat pemilik iPhone 14 diikat ke rollercoaster di taman hiburan Kings Island Cincinnati. Saat pesan otomatis diputar, ia dapat mendengar jeritan teredam di latar belakang saat rollercoaster berjalan dengan sendirinya. 

Bulan lalu, Stern menguji fitur deteksi kecelakaan Apple dalam eksperimen demolition derby-style (semacam kontes menabrakkan mobil hingga hanya 1 mobil tersisa) dan menemukan bahwa fitur tersebut  tidak sepenuhnya bisa diandalkan. Sementara fitur tersebut baru-baru ini membantu mendeteksi dan memperingatkan pihak berwenang tentang kecelakaan fatal di Nebraska, fitur tersebut jelas memiliki kekurangan.

Stern mengatakan Warren County, tempat Kings Island berada menerima enam panggilan darurat yang dipicu oleh wahana taman hiburan sejak rilis iPhone 14. Dia juga menunjukkan bahwa pengguna lain telah mengalami masalah serupa di taman hiburan di seluruh negeri.

Risiko yang terjadi saat kesalahan dalam melakukan panggilan 911 yang terjadi pada fitur tersebut mungkin bisa menjadi alasan untuk tidak menggunakan iPhone 14. Atau jika tidak, kalian dapat memilih untuk meletakkan ponsel dan mengaktifkan mode pesawat atau hanya menonaktifkan fitur tersebut.

Sumber: theverge.com

0 Komentar

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>