Instagram Menguji Fitur Monetisasi Untuk Kreator Secara Internal Yang Disebut 'Gift'

Instagram secara internal menguji fitur baru untuk dapat memberi tip yang akan membuat konten kreator menghasilkan uang di sosial media Instagram. Fitur tersebut disebut "Gift" dan memungkinkan konten kreator untuk mendapatkan penghasilan dari reels. Kabar tersebut pertama kali dilaporkan oleh Business Insider.

Ketika ditanya tentang fitur tersebut, juru bicara Meta mengatakan kepada TechCrunch melalui email bahwa, "fitur ini merupakan prototipe internal dan tidak diuji secara eksternal". 

Fitur ini pertama kali ditemukan oleh periset aplikasi Alessandro Paluzzi pada bulan Juli lalu, ketika Instagram sedang mengembangkan fitur tersebut dengan nama "content appreciation". Berdasarkan tangkapan layar yang diposting oleh Paluzzi, terdapat opsi pada fitur tersebut yang memungkinkan konten kreator untuk membuat fans / follower mereka mengirim "Gift". Kreator juga dapat mengecek apakah mereka memenuhi syarat untuk mengaktifkan fitur tersebut di bawah tab "Gift" di pengaturan Instagram. Tangkapan layar juga menunjukkan bahwa pengguna akan dapat mengirim "Gift" melalui tombol yang ditampilkan di bawah Reels.

Sumber: Twitter Alessandro Paluzzi (alex193a)

"Gift" tersebut bukan satu-satunya fitur dalam memberi tip yang akan dirilis Meta. Pada tahun 2020 lalu, Instagram meluncurkan "Badges", sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk memberikan dukungan kepada konten kreator selama melakukan live video. "Badges" tersebut memiliki nilai antara Rp. 15.000, Rp. 30.000 atau Rp. 75.000. Saat kita membeli "Badges" selama live video, ikon hati (heart) akan muncul di samping nama kita di komentar. Dengan adanya fitur "Gift" nanti, Instagram akan memberi konten kreator cara untuk menghasilkan uang bukan hanya melalui livestream namun juga dari Reels.

Perlu dicatat bahwa seperti halnya fitur internal lainnya, tidak dapat diketahui kapan atau apakah Instagram berencana untuk merilis fitur tersebut kepada penggunanya. Namun sebenarnya tidak mengherankan jika Instagram memang berencana untuk merilis fitur untuk memberi tip tersebut kepada konten kreator, terutama mengingat bahwa platform lain sudah memiliki versi tip mereka sendiri.

TikTok, yang merupakan pesaing terbesar Instagram memperkenalkan tip secara langsung untuk konten kreator pada desember lalu. Selain itu, Twitter juga meluncurkan fitur tip pada bulan mei 2021 yang dirancang bagi pengguna untuk memberi tip kepada konten kreator secara cepat hanya dengan melakukan beberapa tap. Bahkan Tumblr memiliki fitur tip yang diluncurkan awal tahun 2022 ini.

0 Komentar

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>