Nvidia Mengklarifikasi Terkait Konsumsi Daya dan GPU Generasi Berikutnya

Kredit: Nvidia

Sebelum pengumuman resmi Nvidia series RTX 40, ada beberapa rumor yang cukup mengganggu telinga yang beredar mengenai konsumsi daya pada GPU mereka, terutama RTX 4090 yang dilengkapi Chip AD102. Untungnya, rumor yang beredar tersebut tidak akan terjadi. Kita tidak akan melihat konsumsi daya hingga 900W pada GPU generasi terbaru ini, meskipun GPU 4090 TI nantinya juga akan dirilis jadi kita berharap saja semoga rumor yang beredar saat ini tidak terjadi pada GPU tersebut.

Nvidia memposting FAQ di websitenya, pada FAQ tersebut ditujukan pada kekhawatiran para fans maupun pengguna mengenai hal-hal seperti kebutuhan dayanya, daya tahan konektor, dan kompatibilitas dengan power supply yang ada. Intinya bahwa jika kalian saat ini memiliki power supply yang memiliki kualitas baik yang memenuhi persyaratan, maka semuanya akan berjalan dengan lancar, so don't worry be happy.

RTX 4090 memiliki TGP 450W, 4080 16GB menunjukkan nilai sebesar 320W dan 4080 12GB menunjukkan nilai sebesar 285W. Angka-angka tersebut telah membuat Nvidia menetapkan minimum watt pada PSU masing-masing 850W, 750W, dan 700W. Itu kurang lebih sama dengan GPU series RTX 30.

Pertanyaan lainnya terkait PSU yang berkaitan dengan 8 pin, adaptor PCIe Gen 5 16-pin dan kompatibilitasnya. Nvidia mengatakan adaptor-adaptor tersebut memiliki sirkuit seperti yang telah dikutip dari mereka: 

sirkuit yang terdapat pada adapter-adapter tersebut dapat menterjemahkan 8-pin ke sinyal sideband yang sesuai dengan spesifikasi PCIe Gen 5 (ATX 3.0). 

Hal tersebut juga memberitahukan secara tidak langsung bahwa pada GPU tersebut sudah terpasang antara tiga atau empat konektor 8-pin. Jika empat terdeteksi (untuk total 600W), maka memungkinkan GPU tersebut agar dapat membuka lebih banyak ruang daya untuk dapat dilakukan overclocking.

Beberapa rumor lainnya juga telah dibantah, meskipun kita harus menunggu sampai GPU tersebut berada di tangan jutaan orang agar yakin 100%. Yang pertama berkaitan dengan daya tahan konektor PCIe 5.0, yang secara resmi dinilai untuk 30 kali siklus koneksi. Hal tersebut sebenarnya kurang lebih sama seperti yang sudah-sudah. Saya cukup percaya diri untuk mengatakan bahwa daya tahan konektor bukanlah hal yang perlu ditakutkan, toh banyak dari kita yang cukup sering gonta-ganti GPU.

Rumor terakhir yang bisa dibilang signifikan yaitu soal kemungkinan risiko arus berlebih atau daya berlebih terhadap PSU non-ATX 3.0 dan konektor daya 16-pin yang baru. Nvidia mengatakan mereka mengalami masalah dengan satu pemasok pada saat awal pengembangan, yang sejak saat itu sudah diselesaikan dan diperbaiki. Namun, tentu saja poin terakhir ini menggambarkan perlunya untuk menggunakan PSU berkualitas bagus dari brand-brand yang memiliki reputasi baik. Sebuah model OEM yang belum memiliki reputasi baik tidak begitu mematuhi pedoman PCI-SIG seketat brand yang sudah terkenal, sehingga dikhawatirkan akan menjadi masalah jika kita menggunakan PSU yang tidak sesuai standar yang sudah ditetapkan.

Sebuah power supply yang bagus dan dapat bertahan lama sangat mampu menjalankan GPU Nvidia series RTX 40. Selama memenuhi persyaratan minimum watt, kita akan aman-aman saja. Kita dapat menambahkan lebih banyak daya jika berencana untuk melakuakn OC (Overclock) dan berhati-hati lah dengan power konektor selebihnya tidak akan ada masalah.

Sumber: pcgamer.com

0 Komentar

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>