Stage Manager Akan Tersedia Untuk iPad Pro Model lama

Kredit: Apple

Versi developer beta iPadOS 16 terbaru dari Apple menghadirkan Stage Manager ke model iPad Pro yang lebih lama, karena fitur tersebut tidak lagi khusus hanya untuk chip M1. Stage Manager, memberikan kemudahan dalam multitasking dan beralih antar aplikasi yang sebelumnya hanya kompatibel dengan iPad Air dan model iPad Pro 11 inci dan 12,9 inci yang ditenagai oleh chip M1 dirilis pada tahun lalu. Sekarang, fitur tersebut juga akan hadir untuk model iPad Pro generasi ketiga dan keempat. Kabar tersebut pertama kali dilaporkan oleh Engadget.

Akan tetapi model iPad yang lebih lama tidak akan bisa memperluas layarnya ke mode layar eksternal, yang berarti Stage Manager hanya akan berfungsi di layar iPad saja.

Selain itu, dukungan layar eksternal untuk Stage Manager sepertinya akan tertunda untuk mendapatkan update hingga akhir tahun ini. Mengingat bahwa beberapa orang telah berbagi pikiran mereka tentang fitur layar eksternal pada Stage Manager, Apple kemungkinan membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyempurnakan fungsionalitasnya. 

Apple memberikan pernyataan sebagai berikut mengenai perubahan tersebut:

Kami memperkenalkan Stage Manager sebagai cara baru untuk melakukan multitasking dan ukuran jendelanya dapat diubah pada layar iPad maupun layar eksternal, dengan kemampuan untuk menjalankan hingga delapan aplikasi sekaligus. Untuk menghadirkan dukungan multi-display ini hanya dapat dilakukan oleh iPad berbasis chip M1. Pengguna dengan iPad Pro generasi ke-3 dan ke-4 telah menyatakan keterterikan mereka untuk dapat ikut serta merasakan Stage Manager di iPad mereka. Sebagai tanggapan, tim kami telah bekerja keras untuk menemukan cara menghadirkan versi single-screen untuk sistem ini, dengan dukungan hingga empat aplikasi sekaligus di layar iPad.

Dukungan layar eksternal untuk Stage Manager di iPad M1 akan tersedia dalam software update akhir tahun ini.

Keputusan Apple untuk menghadirkan Stage Manager ke lebih banyak iPad adalah perubahan yang cukup penting, mengingat Apple sebelumnya mengatakan bahwa fitur tersebut memerlukan chip M1. SVP Software Engineering Craig Federighi mengatakan pada bulan Juni lalu bahwa ketersediaan memori membuat Apple membatasi Stage Manager hanya untuk iPad M1. Federighi juga mencatat bahwa M1 mendukung konektivitas yang tidak dimiliki model iPad sebelumnya.

Bulan lalu, Apple meluncurkan iPadOS 16.1 beta yang dihadirkan untuk perangkat developer, yang menandai jeda dari rilis standar mereka yang mengikat antara sistem operasi tablet dan smartphone mereka (iOS) sejak pertama di rilis pada 2019 lalu. Ini berarti bahwa Apple memutuskan untuk melewatkan rilis iPadOS 16.0 pada musim gugur dan langsung menuju ke 16.1. Kemungkinan alasan Apple langsung ke 16.1 adalah karena perubahan yang dilakukan baru-baru ini.

Sumber: techcrunch.com

0 Komentar

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>