Aplikasi Google Play Games Beta Untuk Windows

Kredit: Google Play Games

Emulator merupakan pilihan bagi siapa saja yang tertarik untuk bermain game seluler di PC. Dan jika kalian adalah tipe orang yang tertarik untuk bermain game seluler di PC, kalian akan senang mengetahui bahwa Google telah merilis Google Play Game beta untuk dapat dicoba oleh kalian semua.

Google Play Game beta adalah alternatif untuk emulator android yang dapat kalian gunakan untuk memainkan beberapa game Google Play favorit kalian di PC. Mari kita cari tahu apakah versi beta ini tersedia di Indonesia dan apa yang perlu dipersiapkan untuk menginstalnya.

Apa Itu Google Play Games Untuk PC?

Kredit: Google Play Games

Google Play Games adalah aplikasi untuk Windows 10 dan 11 yang dapat kalian gunakan untuk mencari dan mengunduh game Google Play di PC kalian. Kalian dapat menggunakan mouse dan keyboard untuk memainkan beberapa game favorit kalian dan progress game kalian akan tersinkron seperti saat bermain di platform lainnya atau di mobile dengan menggunakan akun Google kalian.

Dan meskipun menyinkronkan progress game kalian adalah fitur yang bagus, menautkan akun Google Play Game di PC juga dapat menghilangkan frustrasi kalian. Misalnya, kalian tidak perlu lagi mengkonfigurasi emulator dari awal, Google Play Game akan melakukan semua pekerjaan tersebut untuk kalian.

Cara Mengakses Google Play Game Beta

Mengakses versi beta terbilang cukup mudah. Pertama, kunjungi situs web resmi Google Play Games beta. Selanjutnya, unduh file instalasi. Tunggu hingga unduhan selesai dan buka filenya. Kemudian aplikasinya akan mulai mengunduh programnya ke komputer kalian.

Kredit: makeuseof.com

Kredit: makeuseof.com

Setelah instalasi selesai, jalankan file. Sebuah jendela akan muncul dan meminta kalian untuk masuk ke akun Google kalian. Jika kalian tinggal di wilayah yang terkualifikasi, maka kalian siap untuk mulai bermain! Ya kalian tidak salah baca, wilayah yang terkualifikasi maksudnya adalah aplikasi tersebut baru tersedia untuk beberapa negara saja, mungkin kedepannya akan merambah ke negara lain, kita hanya perlu menunggu waktunya tiba.

Di Negara Mana Saja Google Play Game Beta Tersedia?

Google Play Game beta saat ini tersedia hanya di beberapa wilayah tertentu. Jika kalian tinggal di salah satu wilayah/negara berikut, kalian bisa mengunduh dan menguji aplikasi ini sekarang:

  • Australia
  • Hong Kong
  • Korea Selatan
  • Taiwan
  • Thailand

Jika kalian tinggal di salah satu negara ini, kalian akan memiliki akses penuh ke versi beta. Jika tidak, kalian dapat menggunakan VPN untuk mengunduh, menginstal, dan menjalankan Google Play Game di PC kalian. Namun, kalian tidak dapat menggunakan akun Google untuk mengakses versi beta kecuali dari salah satu wilayah yang berpartisipasi. Seperti yang telah banyak orang ketahui bahwa akun Google yang kita miliki dapat terlihat akun tersebut dari negara mana.

Spesifikasi Perangkat Yang Dibutuhkan

Ada persyaratan lain yang dibutuhkan. Menurut Google, kalian perlu memeriksa spesifikasi perangkat keras komputer kalian untuk mengakses versi beta ini.

Berikut adalah spesifikasi minimum yang dibutuhkan agar memenuhi syarat untuk dapat menjalankan Google Play Game beta:

  • Windows 10 (v2004) atau 11
  • GPU kelas gaming
  • 8 inti logis CPU
  • RAM 8 GB
  • Akun admin Windows
  • Virtualisasi perangkat keras diaktifkan
  • Solid state drive (SSD)
  • 20 GB ruang penyimpanan yang tersedia

Tanggal Rilis Resmi

Saat ini, versi beta dibatasi untuk 5 wilayah, namun Google berencana untuk memperluas ke wilayah lain pada Q3 dan Q4 tahun 2022 ini. Mengingat sejarah Google, tidak heran jika kita akan melihat peluncurannya secara global dalam waktu dekat.

Kalian dapat berharap setidaknya terdapat 40 game di Google Play Game beta. Ini termasuk game-game yang terkenal seperti Call of Duty Mobile, Stumble Guys, dan Candy Crush.

Tidak Ada Akses Beta, Tidak Masalah

Meskipun Google Play Game tidak menghadirkan sesuatu yang baru dalam hal teknologi, namun ini merupakan platform yang mungkin sedikit lebih nyaman daripada aplikasi alternatif sejenis seperti BlueStacks dan NoxPlayer.

Jika kalian tidak tinggal di wilayah yang saat ini mendukung versi beta, kalian mungkin harus beralih ke emulator Android seperti yang disebutkan di atas untuk memainkan game seluler di PC. Meskipun mereka berasal dari perusahaan yang berbeda, kalian masih dapat memainkan beberapa game dari Google Play di komputer kalian.

Sumber: makeuseof.com

0 Komentar

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>