Elon Musk Akan Membeli Twitter Lagi Seharga $54.20 Per Saham

Kredit: Britta Pedersen/Getty Images

Elon Musk akan membeli Twitter, kali ini sungguhan, dengan harga $54.20 per saham. Musk mengkonfirmasi tawaran itu dalam pengajuan ke Komisi Sekuritas dan Bursa. Dalam pengajuan SEC, dia mengatakan dia akan "memproses untuk menutup transaksi" dengan persyaratan yang dia negosiasikan dengan Twitter pada bulan April lalu, selama gugatan yang diajukan Twitter terhadapnya untuk memaksa Musk menutup kesepakatan yang ditunda.

Pengajuan itu menyusul laporan dari Bloomberg yang menyarankan Musk akan menutup kesepakatan di bawah persyaratan yang dia usulkan pada bulan April lalu sebelum mencoba untuk mundur dari kesepakatan tersebut.

Pada Selasa malam, Musk men-tweet seolah-olah dia sekali lagi tertarik dengan gagasan untuk memiliki Twitter, bot dan semuanya. "Membeli Twitter adalah akseleran untuk membuat X, aplikasi segalanya," tulisnya.

"Kami menerima surat dari pihak-pihak Musk yang telah mereka ajukan ke SEC", kata akun relasi investor Twitter. "Tujuan Perusahaan adalah untuk menutup transaksi pada US$54.20 per saham".

Musk dan Twitter telah berjuang selama berbulan-bulan dalam pengambilalihan Twitter. Setelah ia menawarkan untuk membeli perusahaan tersebut, yang di mana Musk kemudian mencoba membatalkan kesepakatan, mengklaim bahwa Twitter telah berbohong tentang jumlah akun bot di platform tersebut. Twitter menggugat Musk untuk mencoba membuatnya mematuhi kontrak yang dia negosiasikan, dan tanggal persidangan telah ditetapkan pada 17 Oktober.

"Hal yang paling aneh tentang itu adalah bahwa ini adalah akhir yang paling dapat diprediksi", kata Ann Lipton, seorang profesor hukum bisnis di Universitas Tulane. "Tentu saja kasus diselesaikan sebelum persidangan, tentu saja kasus diselesaikan sebelum deposisi orang tertinggi. Satu-satunya hal yang mengejutkan adalah dia tidak berhasil menurunkan satu dolar pun dari harga kesepakatan".

Itu menunjukkan posisi Twitter sangat kuat, kata Lipton. "Itu terlihat buruk (bagi Musk) sejak surat pertama yang ia kirim", katanya. "Warna-warni, lucu, ada emoji kotoran, tapi dari perspektif hukum tidak ada yang baru di sini".

Eric Talley, seorang profesor hukum di Universitas Columbia, mengatakan dia juga terkejut tidak ada harga kesepakatan yang diturunkan. Di sisi lain, jika Musk diperintahkan untuk menutup kesepakatan oleh pengadilan, dia mungkin harus membayar bunga yang berarti bahwa alih-alih membayar US$54.20 per saham, dia akan membayar lebih banyak lagi. 

Pekan lalu, beberapa pesan teks yang memalukan dirilis dalam pengajuan pengadilan. Pesan-pesan itu terbilang penting karena apa yang tidak ada di dalamnya: segala diskusi menyangkut tentang bot. Sebaliknya, hal yang tampaknya menyebabkan Musk kehilangan minat adalah konflik dengan CEO Twitter Parag Agrawal, yang telah meminta Musk untuk berhenti men-tweet hal-hal negatif tentang Twitter.

Juga, pada sidang praperadilan pekan lalu, mengenai argumen Musk yang diberi data buruk oleh Twitter dan ia pun terkejut. Dia pun menyewa beberapa perusahaan untuk melakukan analisis pada jumlah bot di Twitter. Satu perusahaan mengkonfirmasi jumlahnya, dan yang lain memperkirakan bahwa 11 persen pengguna Twitter tidak autentik, tetapi analisis itu tidak kuat secara statistik.

Sumber: theverge.com

0 Komentar

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>