Google Merilis Widget Lock Screen Untuk iOS 16

Kredit: Google

Widget lock screen dari iOS 16 yang diantisipasi Google kini sudah mulai berdatangan. Bersamaan dengan rilisnya sistem operasi baru dari Apple yaitu iOS 16, Google pada bulan lalu tertarik berencana untuk mendukung fitur terbaru iPhone yang memungkinkan pengguna untuk menempatkan widget langsung di lock screen smartphone mereka, menawarkan informasi dan akses mudah ke aplikasi favorit. Google mengatakan akan segera merilis widget untuk sejumlah aplikasi teratasnya, termasuk Search, Maps, Gmail, dan lainnya.

Kumpulan widget iOS 16 Google kini tersedia, menyusul perilisannya yang dimulai pada minggu lalu dengan pembaruan pada aplikasi Chrome dan Drive.

Dengan serangkaian pembaruan aplikasinya, para pengguna Google juga dapat menambahkan widget Lock Screen untuk aplikasi populer seperti Gmail dan Google News. Namun, dua widget yang paling diminati Search dan Maps masih akan tertunda. Dan Google belum mengumumkan rencananya untuk merilis widget Google Calendar untuk beberapa alasan, terlepas dari kenyataan bahwa akses yang mudah ke jadwal harian pengguna merupakan salah satu fitur terbaik pada widget Lock Screen di iOS 16.

Widget Gmail yang baru hadir dalam tiga ukuran: circular, rectangular, dan inline. Dua yang pertama dimaksudkan untuk ditempatkan di bawah jam pada Lock Screen, sedangkan widget inline muncul di atas sebagai baris teks.

Dalam kasus Gmail, widget inline akan menampilkan tanggal yang dipersingkat (seperti "Wed 7") diikuti dengan jumlah pesan di kotak masuk pengguna. Sementara itu, widget rectangular menguraikan berapa banyak pesan baru di setiap kategori seperti Sosial, Update, atau Promosi yang membantu pengguna menentukan apakah email yang diterima benar-benar penting. Widget circular yang lebih kecil hanya menampilkan berapa banyak pesan baru yang dimiliki pengguna. 

Kredit: Google

Widget Google News yang baru ditambahkan menampilkan headline pendek berita ke Lock Screen sebagai widget rectangular. Saat di sentuh, pengguna akan langsung dibawa ke aplikasi Google News untuk membaca beritanya secara lengkap. Fitur satu ini bisa agak sulit untuk dibaca bagi mereka yang memiliki penglihatan yang buruk karena hanya menampilkan sebanyak empat baris teks ke dalam lingkup ruang yang kecil.

Kredit: Widget Google News

Widget Drive dan Chrome hadir beberapa hari yang lalu yang pertama kali menampilkan widget rectangular (persegi panjang) untuk akses cepat ke "suggested file" pada Drive, serta dua widget melingkar untuk menelusuri file pengguna dengan satu sentuhan atau mengakses file yang di tandai dengan bintang pada Drive.

Widget Chrome menawarkan berbagai opsi, termasuk widget circular yang ketika di sentuh akan membuka Google Search di aplikasi Chrome, dan tiga lainnya untuk membuka incognito search, voice search, dan bahkan "Game Dino" pada Chrome yang biasanya muncul saat offline atau tidak ada koneksi internet.

Mungkin beberapa pengguna mengantisipasi widget Search dan Maps untuk segera rilis. Search, mirip dengan Chrome, memungkinkan pengguna untuk mulai melakukan pencarian dari Lock Screen, termasuk voice search. Widget Google Lens dan Google Translate diharapkan juga untuk dapat segera hadir. Lens, khususnya, merupakan tempat di mana banyak inovasi Google saat ini berada, seperti multi-search yang menggabungkan teks dan gambar untuk melakukan pencarian.

Maps, tentu saja akan berguna bagi pengguna pada umumnya yang ingin melihat padatnya lalu lintas dan perkiraan waktu perjalanan ke tempat-tempat seperti kantor, tempat makan atau rumah.

Google belum membeberkan perencanaan waktu untuk merilis widget lainnya, tetapi melihat beberapa updatenya sudah di rilis maka kemungkinan fitur widget lainnya akan segera hadir.

0 Komentar

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>