Microsoft Mungkin Telah Menunjukkan UI Dari Windows 12

Kredit: Windows

Mungkin terasa seolah-olah Windows 11 baru saja diluncurkan kemarin, akan tetapi Microsoft sudah bekerja keras pada sistem operasi mereka berikutnya. Pada Ignite 2022 hari Jumat lalu, konferensi pengembangan dan inovasi tahunan Microsoft secara singkat menunjukkan antarmuka Windows yang belum pernah dilihat sebelumnya, dan dianggap sebagai Windows 12.

Hal tersebut terjadi selama Ignite Keynote, pidato pembukaan yang mencakup tema dan prioritas utama pada konferensi. Selama cutaway yang melibatkan Microsoft Teams, penonton melihat sekilas desktop yang tidak dikenal dengan floating taskbar dan ikon sistem di sudut kanan atas. Tangkapan layar tersebut menunjukkan bilah pencarian yang mengambang di tengah atas layar dan perkiraan cuaca di sudut kiri atas.

Kredit: Windows

Desainnya tampak jauh dari Windows 11, yang mempertahankan static bar dari Microsoft (di mana ikon sistem juga terselip) dan pada bagian atas layar benar-benar kosong. Para penonton utama segera mengambil gambar perbedaan tersebut dan menaruhnya di Twitter, di mana mereka merenungkan apakah tampilan antarmuka tersebut ada hubungannya dengan Windows 12 yang diharapkan akan diluncurkan sekitar tahun 2024. Beberapa bahkan menunjukkan bahwa antarmuka tersebut menggemakan beberapa elemen inti dari desain macOS.

Editor senior Windows Central Zac Bowden telah melihat beberapa desain eksperimental Microsoft untuk Windows 12, dan antarmuka yang terlihat selama konferensi Ignite tampak sedikit familiar. Microsoft masih mencari tahu apa yang ingin dilakukannya dengan Windows 12 (yang menurut Bowden disebut sebagai Next Valley secara internal), tetapi mungkin ada beberapa kemiripan antara desain yang telah bocor dan yang sedang diuji di balik pintu yang tertutup rapat. Lebih baik lagi, menurut sumber Bowden, antarmukanya adalah "perwakilan dari tujuan desain yang ingin dicapai Microsoft dengan versi Windows berikutnya".

Dengan begitu, aman rasanya untuk mengasumsikan antarmuka yang ditampilkan di Ignite ada hubungannya dengan Windows 12, bahkan jika pada akhirnya OS tersebut terlihat sedikit berbeda. Tapi apakah Microsoft bermaksud menggoda para penggemar mereka dengan mengintip lebih awal? Beberapa "kebocoran" dilakukan secara disengaja, seperti yang kita ketahui secara luas diduga terjadi pada perangkat streaming Xbox yang terungkap minggu lalu. Ini bisa dengan mudah terjadi dengan Windows 12. Ignite telah berlangsung dalam beberapa bentuk sejak tahun 90-an, mengumpulkan ratusan ribu penonton secara global dalam beberapa tahun terakhir. Tidak mungkin tim yang bertanggung jawab untuk menyiapkan materi Ignite akan sangat ceroboh sehingga secara tidak sengaja menampilkan OS yang sangat rahasia.

Disengaja atau tidak, antarmuka yang diperlihatkan memberi penonton gambaran tentang apa yang dapat mereka harapkan dari Microsoft di tahun-tahun yang akan datang. Sumber Bowden mengatakan Microsoft berharap untuk mengembangkan OS yang lebih kondusif untuk disentuh tanpa mengorbankan bagian mana pun dari mouse dan keyboard, sebubah keseimbangan yang sulit dipecahkan Microsoft di masa lalu. Ini tidak hanya berhubungan soal OS, tetapi mungkin juga berkaitan dengan tujuan dari perangkat keras milik Microsoft, terutama soal perangkat Surface two-in-one mereka. 

Kredit: Windows

Sumber: extremetech.com

0 Komentar

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>