Steam Deck UI Akan Tersedia Untuk Desktop

Valve secara resmi memperbolehkan para pengguna untuk mencoba versi baru dari mode Big Picture dari Steam yang membuat game client-nya terlihat seperti handheld Steam Deck yang populer. Perubahan yang telah lama ditunggu-tunggu ini adalah pembaruan besar antarmuka Steam untuk versi gamepad.

Dalam sebuah postingan berita, Valve memperingatkan bahwa UI baru tersebut memiliki "sedikit kekurangan" namun mereka ingin mengumpulkan feedback dari komunitas terkait UI baru mereka. Selain tampilan yang diperbarui, pengujian ini juga mencakup fitur-fitur baru termasuk universal search yang akan menampilkan hasil dari library penggunanya, daftar teman, dan toko serta pembaruan ke quick access, menu sistem dan konfigurasi kontrol.

Ini kemungkinan akan menjadi perubahan yang disambut baik bagi orang-orang yang sering menggunakan Steam dengan controller, versi saat ini yaitu mode Big Picture cukup fungsional, akan tetapi estetikanya tidak banyak berubah sejak fitur tersebut diluncurkan pada tahun 2012. Meskipun Steam Client sendiri tidak terlihat begitu modern, hal tersebut masih sedikit menggelegar setiap kali Anda beralih ke mode Big Picture.

Kredit: theverge.com

Kredit: theverge.com

Kredit: theverge.com

Kredit: theverge.com

Untuk dapat menguji mode baru Big Picture, aktifkan versi beta dengan mengklik tombol "Steam" di sudut kiri atas dan masuk ke Settings > Account dan klik pada tombol "Change" di bagian "beta participation". Pilih "Steam Beta Update" dari menu drop-down, tekan OK, dan restart Steam untuk mengunduh pembaruan.

Kemudian, Anda harus mengatur pintasan yang akan membuka Steam dalam mode beta Big Picture (mengklik tombol Big Picture di klien akan membuka versi lama). Untuk melakukan hal tersebut, buka menu Start, ketik Steam, klik kanan pada aplikasi dan pilih "open file location". Mungkin Anda dapat memilih untuk menyalin shortcut-nya ke desktop daripada memodifikasi shortcaut di menu Start sehingga Anda memiliki opsi untuk membuka UI biasa atau Steam Deck. Jalur manapun yang Anda pilih, klik kanan pada shortcut, pilih "Properties" lalu tambahkan "-gamepadui" pada bagian akhir path (contoh: "C:\Program Files\Steam\Steam.exe" -gamepadui), letakkan setelah tanda kutip pada path. Tekan apply, dan Anda berjasil membuat shortcut yang dapat Anda gunakan untuk membuka UI baru.

Tampilan shortcut untuk membuka UI baru. Kredit: theverge.com

 Sumber: theverge.com

0 Komentar

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>